Materi Hardware1.Pengenalan Tools / Alat-alat Hardware
2.Pengenalan Tools Software
3.Dasar-Dasar Komputer
4.Dasar-dasar Electronika
5.Pengenalan Komponen dan fungsinya
6.Cara membaca Skematik
7.Penggunaan Multi tester & Pengukuran Komponen
8.Jenis kerusakan dan cara perbaikannya
9.Teknik Bongkar pasang Handphone
10.Cara Ganti LCD /
11.Cara Ganti touchscreen
12.Bongkar pasan IC
13.Bongkar pasang Switch on/off
14.Bongkar pasang Con lcd
15.Bongkar Pasang Conektor Kartu
16.Bongkar pasang Conektor baterai

 

MATERI SOFTWARE

  1. Firmware

Firmware adalah bahan yang berisi operasi sistem atau fitur aplikasi yang akan kita masukkan ke dalam perangkat ketika melakukan proses flashing.

Ada dua jenis firmware:

 

  1. Stock Rom

Stock rom adalah firmware  resmi/bawaan original perangkat anda yang resmi dikeluarkan.

  1. Custom Rom

Custom rom merupakan firmware buatan atau bukan rom bawaan perangkat anda. Biasanya sistem oprasinya sudah dimodifikasi.

  1. Driver

Driver adalah pengendali perangkat keras atau komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Perlu diketahui bahwa sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa adanya driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi komputer.

 

  1. Tool

Tool adalah alat. Untuk melakukan proses flashing diperlukan alat yang menjalankan proses tersebut, atau bisa juga disebut media yang memfasilitasi sistem operasi.

 

  1. Jenis-Jenis Penanganan Software

Banyak kerusakan banyak pula penangannya. Ada banyak cara untuk memulihkan smartphone anda. Berikut akan dibahas jenis-jenisnya:

  1. Soft Reset

Soft Reset bisa juga disebut dengan reset/wipe data atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Reset data ini biasanya menggunakan opsi pengaturan yang terdapat di perangkat anda. Cara ini biasa juga disebut dengan instal ulang.

 

 

 

 

 

  1. Hard Reset

Hard reset juga berfungsi untuk meriset data atau mengosongka data. Bedanya caranya tidak dilakukan lewat pengaturan handphone tetapi melalui tombol khusus yang disediakan pada smartphone anda.  Hard reset dilakukan jika smartphone anda terkunci atau tidak tampil menu.

  1. Flashing

Apa bedanya upgrade dan flashing? Upgrade fungsinya hanya untuk menaikan versi system operasinya saja, sedangkan flashing bisa berfungsi menaikan versi perangkat bisa juga merestore system operasi. Flashing berfungsi memulihkan sistem operasi yang corrupt atau terkontaminasi virus.

  1. Instal Zip

Instal zip adalah salah satu flashing tanpa menggunakan komputer. Hanya memasukkan bahan firmware berekstensi zip ke dalam micro sd lalu diinstal ke perangkat anda. Untuk caranya akan dibahas di bab berikutnya.

 

 

 

  1. Mengenal jenis-jenis kerusakan software

 

  1. Kerusakan pada android

 

  1. Unlock pattern/reset gmail

Unlock pattern (lupa pola) bisa terjadi karena terlalu banyak upaya yang dilakukan dalam membuka pola , biasanya melebihi batas maksimal 10 kali, maka smartphone anda akan terkunci dan meminta verifikasi akun gmail yang telah anda buat. Kerusakan ini bisa diatasi dengan install ulang melalu hard reset.

  1. Internal storage almost full

Sebelum anda memakai smartphone anda, kenali dulu spesifikasi smartphone tersebut, agar bisa menyesuaikan pemakaian dengan kemampuan smartphone anda. Tiap smartphone memliki kapasitas ram yang berbeda-beda. Jangan mendownload aplikasi melebihi kapasitas ram yang dimiliki. Akibatnya penyimpanan internal atau telepon terlalu penuh, dan system pun berjalan lambat atau hank. Kerusakan jenis ini bisa diminimalisir dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai, atau dengan install ulang, bisa melalui soft reset atau hard reset.

  1. Aplikasi eror

 

Kerusakan jenis ini masih berhubungan dengan kerusakan no. 2 di atas. Aplikasi eror seperti  gagal mendownload di playstore, atau aplikasi tidak berjalan seperti sebelumnya. Cara ini bisa kita antisipasi dengan uninstall aplikasi yang eror lalu mendownload ulang aplikasi tersebut. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi corrupt yang disebabkan oleh system aplikasi yang hamper penuh.

  1. Sistem berhenti

Sistem berhenti juga disebabkan oleh internal yang hampir penuh, atau adanya aplikasi yang terlalu besar untuk kapasitas smartphone kita. Ingat jangan memaksakan pekerjaan diluar batas kemampuan smartphone anda. Akibatnya system smartphone anda berhenti. Kerusakan ini ditandai dengan andanya tulisan yang muncul

sayangnya system android telah berhenti’

Obatnya cukup diinstal ulang, apabila masih tidak mempan harus dilakukan flashing.

  1. Iklan yang sering muncul

Kaget tiba-tiba banyak iklan yang masuk pada smartphone anda? Iklan yang masuk dan malah tidak bisa diclose itu biasanya disebabkan oleh terlalu banyak aplikasi yang didownload. Problem ini paling sering terjadi.  Biasanya kalau sudah muncul iklan, smartphone akan mengalami hank dan tidak bisa membuka aplikasi yang kita inginkan.

  1. Bootloop/Gagal Booting

Semua jenis smartphone pasti pernah mengalami kerusakan ini. Normalnya saat kita melakukan restart pada smartphone itu hanya menghabiskan waktu sekitar 3 menit. Tapi apabila smartphone anda hanya berhenti pada logo atau merk smartphone anda dan tidak bisa tampil menu/home screen, itu bisa disebut dengan gagal booting atau yang biasa disebut bootloop. Penyebabnya banyak, bisa karena terlalu banyak data yang bersarang di smartphone anda, atau melemahnya ic emmc pada smartphone anda.

  1. Hard Brick

Hard brick adalah keadaan dimana smartphone anda mati total secara visual tetapi ketika kita sambungkan ke computer akan terdeteksi. Hard brick biasanya disebabkan oleh gagal flashing atau bisa juga dari IC Emmc.

  1. Imei invalid/Imei Null

Coba ketik *#06# lalu pilih call pada smartphone anda. Pada smartphone normal, akan menampilkan imei mesin anda. Tapi kalau yang tampil hanya tulisan Imei Null atau imei Invalid inilah yang menjadi problem. Imei invalid atau imei null disebabkan karena smartphone anda

 

gagal membaca imei yang tertera pada mesin. Imei invalid/imei null bisa terjadi setelah melakukan proses flashing. Gejalanya, sinyal hilang.

  1. Upgrade operating system

Biasanya dalam jangka waktu tertentu  telah dikeluarkan Versi terbaru untuk smartphone anda. Smartphone perlu di upgrade operating systemnya agar bisa mendownload aplikasi yang up to date.

 

  1. Unlock old gmail account FRP

Apa itu FRP? FRP (Factory Reset Protection) adalah system keamanan baru bagi android versi lollipop. FRP berfungsi untuk melindungi keamanan data smartphone anda, dengan adanya FRP ini maka smartphone anda akan terproteksi melalu akun gmail yang telah anda sinkronkan sebelumnya.

Mau tahu cara kerja FRP ini? Coba reset smartphone anda. Setelah reset  pasti akan ada tampilan Bahasa, dan koneksi data. Selanjutnya anda disuruh memasukkan akun gmail yang telah anda sinkronkan sebelumnya.

 

 

Apa jadinya kalau kita lupa dengan akun yang telah kita buat? Tidak seperti android yang versinya di bawah lollipop anda langsung bisa membuat akun baru, apabila lupa maka smartphone anda tidak akan tampil ke menu dan stuck di verifikasi akun gmail.

  1. Instal Bahasa Indonesia

Pada Android merk tertentu seperti samsung dan xiaomi, sering tidak ada bahasa indonesianya di list bahasa perangkat tersebut. Hal ini disebabkan karena perangkat tersebut bukan resmi dari indonesia atau black market. Untuk instal bahasa bisa dilakukan dengan memasukan rom indonesianya.