Alat Untuk Memperbaiki eMMC

Alat Untuk Memperbaiki eMMC – Berbicara alat untuk memperbaiki eMMC sebenarnya terlalu jauh namun tidak ada salah nya untuk menambah pengetahuan anda para pengguna gadget yang semakin banyak saat ini, mulai dari low Spec hingga paling tinggi yang hampir semuanya menggunakan IC eMMC. kegiatan memperbaiki eMMC biasanya di kerjakan oleh seorang teknisi dengan Alat Flasher yang di sebut BOX Flasher.

eMMC sebetulnya bukan hal yang asing, karena eMMC ini merupakan sebuah IC flash yang di beri hardware tambahan di sebut controller.

eMMC sebenarnya merupakan perangkat keras berbentuk chips, perbaikan pada chip eMMC hanya sebatas software saja. Mengingat bentuk nya yang sudah di build dalam IC sehingga tidak dapat di perbaiki secara kasat mata.

Mengapa eMMC rusak susah di perbaiki dan biayanya mahal ??

mungkin pertanyaan ini sering muncul bagi para pengguna android yang memiliki kerusakan eMMC, bahkan menjadi masalah besar serta membuat penggunanya bertanya-tanya di service atau di Jual kemudian beli HP baru. Harga IC eMMC sebenarnya tidak mahal berkisar 70.000 – 250.000 namun pengerjaan untuk penggantian eMMC tersebut memakan waktu, beresiko besar serta alat repair yang mahal. terlebih IC eMMC di pasang secara permanen ( di LEM ) sehingga dalam penggantian eMMC ini memerlukan ketelitian.

Alasan perbaikan eMMC perlu alat

Flashing ( Pengisian OS ) pada eMMC bersifat direct artinya langsung dari tool ke chips IC, berbeda dengan flashing biasa yang membutuhkan CPU HP dalam berkomunikasi pengisian pada chipset memori ( IC Flash ), sehingga untuk melakukan flashing biasa kita tidak memerlukan box flasher ( Alat Flashing ) sedangkan untuk flashing / pengisian OS pada eMMC wajib menggunakan BOX yang harganya cukup mahal. lihat saja perbedaan pada menu Flashing jika kita melakukan Flashing HP maka pada menu yang di pilih adalah model HP, sedangkan saat memperbaiki kerusakan eMMC pilihan menu adalah type Chipset memory.

Alat untuk memperbaiki eMMC
( Flashing ) Memilih Type Ponsel
Alat perbaiki eMMC
eMMC Memilih Type IC

Berikut beberapa Tools Untuk memperbaiki eMMC

  1. RIFF BOX – Riff box merupakan salah 1 alat pertama yang di buat guna untuk memperbaiki eMMC dalam hal ini memperbaiki eMMC bersifat mengisi, menghapus juga mempartisi Blok memory yang ada pada Nand Flash IC eMMC.
    Alat Untuk Repair eMMC
    Riff BOx
  2. UFIBOX – Yang ke 2 bernama UFIBOX box flaher ini merupakan salah satu alat perbaikan eMMC yang di buat asli oleh Orang Indonesia, Kebanyakan resellernya pun berasal dari daerah dan negara Indonesia.
    Box Flasher untuk EMMC
    UFI Box
  3. Easy JTAG – seperti pada slogannya most powerfull eMMC and JTAG tool easy jtag memang di khususkan untuk memperbaiki eMMC juga sebagai media untuk berkomunikasi dengan board yang memiliki koneksi JTAG.
    Alat Untuk Mengisi IC eMMC
    Easy JTAG

Leave a Reply