Telkomsel, XL & Indosat Gabung dalam Inisiatif RCS Global

Telkomsel, XL & Indosat Gabung dalam Inisiatif RCS GlobalSuasana MWC Shanghai 2016 (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman)
Shanghai – Di perhelatan Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2016, GSM Association (GSMA) mengumumkan sebuah inisiatif untuk mendorong adopsi profil universal bagi Rich Communications Services (RCS). Sebanyak 57 operator mobile bergabung di dalamnya, termasuk Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo.

Adapun operator lainnya adalah AIS, Axiata Group, Beeline, Bell Mobility, China Mobile, China Telecom, China Unicom, Claro Brazil, Claro Colombia, M1, Megafon, MTS, Optus, Personal Argentina, Personal Paraguay, Reliance Jio, Rogers Communications, Singtel, StarHub, Telcel Mexico, Tele2 Russia, Telus and T-Mobile US.

Selain operator, sejumlah vendor teknologi turut pula tergabung di dalamnya. Mereka antara lainAlcatel, Asus, General Mobile, HTC, Intex Technologies, Lava International, LG Electronics, Lenovo/Motorola, Samsung Electronics dan ZTE. Tidak ketinggalan Google dan Microsoft turut berkomitmen membawa ponsel profil universal di pasaran.

“Inisiatif global ini bertujuan menyajikan industri mobile dengan suatu profil universal umum yang memungkinkan para operator seluler menyebarkan sebuah implementasi RCS yang dapat dioperasikan dengan set fitur inti dan konfigurasi,” tutur Alex Sinclair, Chief Technology Officer GSMA seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima detikINET (1/7/2016).

“Universal profil yang akan mendorong adopsi global layanan RCS dan memudahkan konsumen menikmati kekayaan, konsistensi dan kemudahan mengirim pesan terlepas dari jenis perangkat dan jaringan,” lanjut Sinclair.

Untuk diketahui, sebuah profil RCS yang universal akan meningkatkan layanan pesan operator yang ada sekarang ini. Selain itu memberikan pengguna sebuah pengalaman yang konsisten, interoperabilitas global, serta set fitur seragam yang mencakup grup chat, berbagi foto dan pesan pre-call.

Pesan pre-call sendiri merupakan fitur anyar dari pengalaman RCS yang baru saja diluncurkan di sejumlah pasar. Profil ini akan bertindak sebagai platform global untuk operator dan mitra. Membantu mereka untuk memberikan nilai tambah layanan seperti payment services ayanan pembayaran, chatbots dan conversational commerce.

Profil tersebut akan bekerja pada semua perangkat, sistem operasi dan di semua jaringan operator. Sehingga konsumen memiliki kemampuan mengakses fitur-fitur inovatif.

Sementara Profil RCS yang universal akan mengurangi biaya dan waktu untuk OEM dengan memungkinkan mereka untuk memberikan pengalaman messaging yang kaya dengan satu set standar protokol di seluruh dunia. Selain profil ini dapat menggunakan klien yang sama untuk kedua pelanggan operator dan perangkat pasar terbuka.

Profil ini juga akan menyederhanakan proses untuk operator yang ingin konsistensi di seluruh perangkat. Sementara pihak OEM yang diharapkan dapat bersaing dengan selalu mengubah standar, profil universal bakal didukung oleh proses akreditasi GSMA formal.

Selain operator, pihak GSMA mengumumkan bahwa Universal Profil telah menerima dukungan dari América Móvil, Bharti Airtel, Deutsche Telekom, Etisalat, Globe Telecom, Google, KPN, Millicom, MTN, Orange, BERMAIN, Smart Communications, Sprint, Telenor group, Telia Perusahaan, Telstra, TIM, Turkcell, VimpelCom dan Vodafone. RCS saat ini ditawarkan oleh 48 operator di 35 negara dan tersedia di 156 perangkat. (afr/ash)

Leave a Reply