Huawei Bantah Telah Berbohong soal Optik Leica di Ponselnya

HuaweiSitus Huawei yang mengatakan ponsel Androidnya P9 dan P9 Plus didukung oleh Leica.

 Kabar tak sedap menimpa Huawei. Vendor asal China itu dituduh berbohong soal kamera smartphone teranyarnya P9.

Pada peluncuran di London awal April ini, Huawei sesumbar bahwa kamera P9 dibuat oleh pabrikan optik kenamaan Leica. Tak selang berapa lama, situs berbahasa China MyDrivers menggugurkan klaim itu.

Dalam pemberitaannya, MyDrivers mengatakan Huawei mengaku bahwa kamera pada P9 dan P9 Plus sejatinya dibuat oleh vendor China Sunny Optical. Leica hanya berperan sebagai perusahaan yang memberikan sertifikasi pada modul kamera tersebut.istModul lensa dual-lens Sunny Optical yang dipakai di Huawei P9.

Bantahan balik

Huawei pun buru-buru angkat bicara. Pabrikan ponsel asal China itu membantah tuduhan menggunakan trik marketing untuk mengelabui konsumen.

“Huawei P9 dan P9 Plus adalah hasil dari kolaborasi pertama antara Huawei dan Leica mengikuti kesepakatan kemitraan jangka panjang yang diumumkan pada bulan Februari,” kata perwakilan Huawei padaKompasTekno via email, yang dikutip hari ini, Jumat (22/4/2016).

Sejak awal penggodokan P9 dan P9 Plus, kata Huawei, Leica sudah sangat terlibat pada beberapa aspek untuk kamera.

Antara lain dari segi desain optik, kualitas pencitraan, pengolahan data citra, optimasi, dan konstruksi mekanik dari modul kamera ke antarmuka pengguna grafis.

“Laporan baru-baru ini yang menyatakan sebaliknya adalah tidak benar dan keliru,” Huawei menegaskan.

Leave a Reply