Google Perkenalkan Sabuk Android Wear yang Mudah Diganti

GoogleAksesori sabuk Mode untuk arloji pintar Android Wear

KOMPAS.com – Apple Watch dikenal memiliki mekanisme penggantian sabuk yang mudah, cukup dengan menekan satu tombol dan menggeser sabuk ke arah luar.

Tak mau kalah, Google pun memperkenalkan lini aksesori baru yang khusus ditujukan untuk perangkat arloji pintar Android Wear, Mode namanya.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Minggu (1/5/2016), Mode bisa digunakan pada jam tangan apapun yang memiliki lug atau sambungan standar dengan spring bar penahan sabuk.

Tak semua arloji Android Wear memiliki lug standar ini. Moto 360 generasi pertama, misalnya, memiliki spring bar yang tersembunyi di balik tubuh smartwatch. Moto 360 generasi kedua memiliki lug standar yang menonjol di luar tubuh sehingga bisa dipasangi sabuk Mode.

Cara memasangnya sederhana saja, pengguna cukup menekan dan menahan sebuah tuas kecil untuk membuka pengunci di ujung sabuk, lalu menyelipkan spring bar di antara celah yang tersedia.

Begitu tuas kecil dilepas, kunci pun akan menutup dan menahan sabuk di tempatnya.

Mode saat ini tersedia dalam 10 variasi bahan kulit dan 6 model berbahan silikon aneka warna. Masing-masing tersedia dalam empat pilihan lebar sabuk, yakni 16mm, 18mm, 20mm, dan 22mm.

Harganya dipatok sebesar 50 dollar AS untuk sabuk berbahan silikon dan 60 dollar AS untuk bahan kulit.

Selain dari Google, pabrikan lain pun diberi kebebasan untuk membuat aksesori sabuk serupa Mode, asalkan mekanisme Mode diperoleh dari vendor resmi Google dan produknya lolos pengujian daya tahan serta brand guideline.

Leave a Reply