Cara Mengetahui Baterai iPhone Yang Bocor Atau Rusak

Gambar oleh Yoppy

Beberapa waktu lalu ada seorang pembaca MakeMac yang menanyakan ciri-ciri baterai iPhone yang bocor. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi berapa lama baterai iPhone bisa bertahan. iPhone yang cepat mati belum tentu karena baterai bocor, atau lebih tepatnya rusak. Bisa saja penyebabnya adalah pemakaian yang terlalu boros di mana bisa ditangkali dengan menghemat pemakaian baterai. Tetapi untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu mengetahui cara memeriksa apakah sebuah baterai sudah bocor atau rusak.

Terdapat beberapa cara untuk memeriksa bagian mana yang menyebabkan baterai menjadi bocor. Tetapi sebelum menjalankan langkah-langkah di bawah, sebaiknya kamu menerapkan terlebih dahulu tips-tips penghematan baterai pada perangkat iOS. Bila tetap tidak membuahkan hasil, baru kamu gunakan langkah-langkah di bawah untuk memastikan keadaan baterai iPhone.

Menyalakan Airplane Mode

Teknik yang paling sederhana untuk memeriksa apakah baterai sudah rusak atau masih dalam keadaan normal. Dengan menyalakan Airplane Mode, maka iPhone tidak bisa menggunakan jaringan telepon sehingga tidak ada telepon, SMS, dan tranmisi data.
iPhone bisa dikatakan dalam status standby setiap saat. Keadaan ini memungkinkan kamu mengukur performa baterai tanpa ada gangguan dari layanan lainnya.

Selanjutnya gunakan aplikasi sewajarnya — bukan dengan memainkan games secara terus menerus — dan pantau berapa lama baterai iPhone bisa bertahan. Bila ia tidak bisa bertahan sampai 4 jam ke atas, maka baterai kemungkinan besar bermasalah.

Teknik di atas memang merepotkan karena dalam keadaan Airplane Mode nyala, kamu tidak dapat menerima panggilan. Jadi lakukan eksperimen ini hanya pada weekend atau liburan, saat jaringan telepon tidak dibutuhkan.

Langkah-langkah menyalakan Airplane Mode:

  1. Pilih Settings.
  2. Ubah Airplane Mode menjadi ON.

Mematikan Location Services

Kadang-kadang baterai bisa menjadi boros karena aplikasi-aplikasi yang secara aktif memanfaatkan location services. Aplikasi akan meminta izin terlebih dahulu sebelum menggunakan location services, dan “biasanya” pemilik iPhone cuma pilih “Allow” tanpa mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut benar-benar membutuhkan lokasimu untuk berfungsi dengan benar. Dengan mematikan location services, kita bisa memastikan bahwa pemborosan baterai bukan terjadi karena ada aplikasi yang jahil.

Selanjutnya kamu cukup gunakan iPhone seperti biasanya: memainkan beberapa games ringan, menggunakan aplikasi jejaring sosial, dan mengambil foto dengan kamera. Dalam keadaan normal, iPhone seharusnya bisa bertahan lebih dari 4 jam.

Langkah-langkah mematikan Location Services (iOS 6):

  1. Pilih Settings » Privacy.
  2. Ubah Location Services menjadi OFF.

Kamu juga boleh membiarkan location services dalam keadaan nyala dan mematikan satu per satu aplikasi yang menggunakan location services. Kemudian kamu menyalakan satu per satu location services aplikasi setiap hari. Catat aplikasi yang dinyalakan pada hari itu untuk melihat perbandingan dengan tempo hari. Cara ini bisa membantumu mencari tahu aplikasi mana yang menjadi biang pemborosan baterai. Jika baterai berkurang dengan sangat cepat, maka jangan pernah izinkan aplikasi tersebut menggunakan location services lagi.

Leave a Reply