Ini Strategi Acer Hadapi Gegap Gempita Bisnis

Ini Strategi Acer Hadapi Gegap Gempita Bisnis SmartphonePresident Smart Products Acer ST Liew. Foto: detikINET/Fajar Pratama
New York – Besarnya pangsa pasar smartphone tidak lantas membuat Acer jor-joran membesut perangkat ponselnya. Produsen asal Taiwan ini memilih memainkan strategi khusus, seperti apa?

Ketika smartphone mulai menjamur dan banyak diminati, Acer memilih untuk tidak terpancing. Akan tetapi, mereka tidak tidak lantas melupakan smartphone. Malah Acer menyiapkan strategi khusus.

“Kami tidak sembarangan di smartphone. Kami menawarkan produk yang memiliki nilai. Fokus kami pada kebutuhan masyarakat secara spesifik. Kami tidak menggeneralisir tempat satu dengan tempat lain,” ujar President Smart Products Acer ST Liew dalam perbicangan di gedung 4 WTC New York, Jumat (22/4/2016).

Liew mencontohkan Acer mengeluarkan smartphone Acer Liquid Jade Primo yang menggunakan sistem operasi windows 10. Namun ponsel ini tidak hanya mengambil windows 10 versi mobile, melainkan versi full sehingga bisa difungsikan layaknya PC.

“Kami menawarkan sesuatu yang lain,” ujar Liew.

Liew pun meminta kepada kantor Acer di sejumlah negara untuk melakukan riset mengenai apa kebutuhan masyarakat lokal. Dia memerlukan hal spesifik yang menjadi kebutuhan masyarakat untuk dijadikan bahan pengembangan teknologi.

“Makanya saya selalu bertanya, misalkan ke Indonesia, katakan apa sih kebutuhannya. Secara spesifik. misalkan jawabnya adalah kamera hape yang bagus.. bukan jawabannya,” kata Liew.

“Saya perlu yang spesifik, misalkan ‘saya ingin kamera yang bisa mendeteksi di mana ikan berada di laut,’ Itu adalah jawaban yang saya perlukan. Kami akan mencari jalan keluarnya. Suatu saat nanti teknologi pasti bisa,” pungkas Liew. (faj/afr)

Leave a Reply